Sabtu, 09 Maret 2013

Tutorial Penyelesaian Soal KASUS Dengan MYOB



Sebelum masuk ke MYOB, ada baiknya kita mengganti currency, regional dan date. Dengan  cara sebagai berikut :
§ Klik star pada menu taskbar
§ Klik Control Panel
§ Pilih regional and language option
§ Klik tab regional option : pilih indonesian
§ Klik Apply
§ Klik cutomize
§ Klik tab currency- currency symbol : pilih Rp
§ Klik tab date- short date format : dd/mm/yy
§ Klik ok 

I.         MEMULAI PROGAM
Langkah-langkah untuk memulai progam MYOB :
1.   Klik start pada menu taskbar
2.   Pilih & klik Progam – Myob acoounting versi 12

II.      MEMBUAT DATA AKUNTANSI BARU
Membuat data akuntansi baru meliputi pemasukan identitas  perusahaan, dan periode akuntansi.   Langkah-langkah;
1.  Pilih Create
2.  Klik next, masukan identitas perusahaaan meliputi:
§  Nama perusahaan ;Reny Permata
§  Alamat perusahaan : Jl. Sukajadi Baturaja
3.  Klik Next, dan kemudian masukan peiode akuntansi.
§  Current Finaancil year (diisikan tahun pada saat transaksi dimasukan dalam progam akuntansi    MYOB) : 2000
§  Last Month of Financial Year adalah bulan akhir periode akuntansi(kalau diIndonesia biasanya  bulan Desember)
§  Conversion Month diisikan pada bulan saat transaksi dimasukan : Januari
§  Number of Accounting pariods dipilih twelve yaitu jumlah periode akuntansi dari Januari sampai Desember.
4.  Klik next. Anda akan menjumpai rangkuman option yang dipilih.
5.      Klik next, pilih salah satu jenis usaha yang sesuai atau hampir sama dengan aktivitas yang dijalankan. Untuk membuat sendiri agar sesuai drngan perusahaan, maka dipilih  yang kedua, yaitu I would like to import a list of accounts privoded by my accountant I’done my company like.
6.      Klik next. Untuk menentukan lokasi penyimpanan file pilih Change dapat disimpan ditempat yang sesuai dengan keinginan contoh di D maupun di C.
7.      Klik next, lalu pilih Command center karena kita memilih membuat sendiri jenis usahanya maka ankan tampil dilayar.

III. MEMBUAT NOMR, AKUN & KELOMPOK AKUN
Kita akan membuat nomer akun dan akun sendiri sesuai dengan akun yang dipakai oleh  perusahaan dagang.
Untuk membuat nomor & kelompok akun
1.        Klik modul Acccunts
2.        Pilih accounts List maka akan tampil dilayar.


IV. MENGATUR LINKED ACCOUNT
Pada perusahaan dagang, akun-akun yang terkait adlah buku besar, penjulan dan pembelian.
1.          Pembelian
§  Klik menu setup
§  Pilih & klik Linked Accounts – Purchases accuonts
a.      Liability Accounts for Tracing Payables = aku hutang yang digunakan saat terjadi hutang atas pembelian (hutang dagang)
b.      Cheque Account for Paying Bill= akun yang digunakan saat terjadi pembyaran hutang dari pembelian (Kas)
c.       Expense or cost of sale Account for Friegth (biaya angku tpembelian)
d.      Asset Acount for supperlier deposits = akun yang dogunakan saat terjadi pembayarab persekot pembelian (uang  muka pada pemasok)
e.       Expense (or ccontra) Account for Discounts (diskon atas pembelian)
f.       Expense Account for late charges = biaya atas keterlambatan dalam pembayarab hutang dagang (biaya denda)
§  Klik  ok

2.            Penjualan
§  Klik menu setup
§  Pilih dan klik linked accounts- sales accounts
         Akan tampak gambar sebagai berikut:
Ø   Asset Account for Tracing Recevables = akun aktiva yang akan digunakan saat terjadi piutang (piutang Dagang)
Ø   Cheque Account for costumer Deposits = akun detail cheque yang digunakan saat terjadi penerimaan piutang atas penjualan (Kas)
Ø   Income Account for Freight = akun yang digunakan untuk pembebanan biaya angkut penjual kepada customer (pendapatan jasa angkut)
Ø   Liability account for Deposits = akun yang digunakan saat terjadi penerimaan atas penjualan yang dibayar dimuka (uang muka dari pemasok)
Ø   Expense or cost of sale Account for sale account for discount = akun yang digunakan saat terjadi diskon atas penjualan (diskon penjualan)
Ø   Income Account for Lates Change = akun pendapatan yang digunakan atas penerimaan dari denda keterlambatan (pendapatan denda)
§  Klik ok

V.    MEMASUKAN DAFTAR PEMASOK (SUPPLIER)
1.      Memasukan informasi supplier pada pada profil
§  Klik modul Card file
§  Pilih dan klik Cards List
§  Pilih tab Supplier pada view Card File
§  Klik New
§  Isikan Card Type : Supplier
Name               :
Addres                        :
§  Klik ok
2.      Memasukan informasi supplier pada Buying Detail
§  Pilih tab buying details pada view card file
§  Isikan purchase layout : pilih item
Tax code                                 : pilih N-T
Freight Tax Code                    : pilih N-T
§  Payment details                       : payment mehods : cash
§  Klik ok

VI. MEMASUKAN DAFTAR PELANGGAN (CUSTOMER)
1.      Memasukan informasi customer pada Profil
§  Klik modul Card file
§  Pilih dan klik Cards List
§  Pilih tab Supplier pada view Card File
§  Klik New
§  Isikan Card Type : Customer
Name                           :
Addres                                    :
§  Klik ok

2.      Memasukan informasi customer pada Selling Detail
§  Pilih tab Selling Details pada view card file
§  Isikan Sale layout                    : pilih item
Tax code                                 : pilih N-T
Freight Tax Code                    : pilih N-T
§  Payment details                       : payment mehods : cash
§  Klik ok

VII.                                                                      MEMASUKAN STOCK PERSEDIAAN AWAL
1.      Memasukan persediaan barang
§  Klik modul Inventory
§  Pilih dan klik Item List
§  Pilih tab All Item pada View Card File
§  Klik New
§  Pilih tab profile
-          Isikan Iten Number           :
-          Name                                 :
§  Aktifkan (klik) pada checkbook pada :
-          I buy This Item pilih HPP Barang Dagangan
-          I Sell This Item pilih Penjualan
-          I Inventory This Item pilih persediaan barang dagangan
VIII.                                                                    MEMASUKAN TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG
            Yang dipakai untuk memasukkan transaksi perusahaan dagang adalah:
1.      Modul Account – Account Jurnal Entry dapat digunakan untuk mencatat transaksi yang bersifat umum; misalnya pembayaran gaji, pembelian & penjualan aktiva tetap, dll. Penggunaan Account dan banking telah diterangkan pada bab perusahaan jasa.
2.      Moduol sales diguna kan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan penjulan barang dagangan.
3.      Modul Purchase digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan pembelian barang dagangan.

IX.     Berikut akan dijelaskan langkah-langkah pemasukan transaksi pada modul penjualan dan pembeliaaan barang dagangan.

1.      Transaksi Pembelian (Purchases)Untuk transaksi yang berhubungan dengan pembelian barang dagangan termasuk pengembalian barang dagangan kepada pemasok dapat dilakukan dalm modul Purchases.
Langkahnya:
Transaksi pembelian diantaranya adalah:
a.   Pembelin barang Dagangan tunai
  Langkan-langkanya:
-      Klik modul perchases
-      Pilih enter purchases
-      Pilih Bill
-      Isi data :
§  Nama Supplier
§  Tanggal pembelian
-      Isikan barang yang dibeli
-      Pada Paid today anda masukan sejumlah uang kas yang kita bayarkan kepada pemasok
-      Klik menu setup- link account-purchase account
-      Isikan cheque account paying bills : pilih Kas
-      Klik ok
-      Klik record
-      Klik ok

b.  Pembelian barang dagangan kredit
  Langkah-langkahnya:
-      Klik modul Perchases
-      Pilih enter perchases
-      Klik tombol lay out pilih item
-      Pilih Bill
-      Isi data
§  Nama Supplier
§  Tanggal pembelian
-      Isikan barang yang dibeli
-      pada paid today anda kosingi karena pembelian secara kredit
-      Klik record
c.   Retur pembelian
  Langkah-langkahnya:
-      Klik modul perchases
-      Pilih enter Puerchases
-      Pilih Bill
-      Isi data
§  Nama Supplier
§  Tanggal pengemlaian
-      Isikan barang yang dikembalikan nengan tanda (-)
-      Klik record

d.             Pembayaran/ pelunasan  hutang pada supplier
   Langkah-langkahnya:
-      Klik modul Purchases
-      Pilih Paybill
-      Pay from account (tentukan alat bayar) isikan kas/bank
-      Isi data
§  Nama Supplier
§  Tanggal pembayaran
§  Masukan jumlah yang dibayarkan pada Amount Applied
§  Klik amount
-      Klik record
2.      Tarnsaksi penjualan (Sales)
Untuk transaksi yang berhubungan dengan penjualan barang dagangan termasuk pemgembalian barang dagangan dari pelanggan dapat dilakukan dalam menu Sales.
Transaksi penjulan diantaranya:
a.       Penjualan barang dagangan tunai
                      Langkah-langkahnya:
-          Klik modul sale
-          Klik Enter Sales
-          Pilih Invoice
-          Isi data
§  Nama customer
§  Tanggal penjualan
-          Isikan barang yang dijual
-          pada piad today isikan sejumlah uang kas yang dibayarkan oleh pelanggan
-        Klik menu setup- link account- sale account
-        Isikan cheque account for customer Receipts : pilih Kas
-          Klik ok
-          Klik record

b.      Penjualan barang kredit
Langkah-langkahyan:
-          Klik modul sales
-          Pilih Enter sales
-          Pilih Invoice
-          Isi data
§  Nama customer
§  Tanggal penjualan
-          Isikan barang yang dijual
-          pada paid today anda kosongi karena pembelian secara kredit
-          Klik record
c.       Retir Penjulan
    Langkah-langkahnya:
-          Klik modu sales
-          Pilih Enter sales
-          Pilih Invoice
-          Isikan data
§  Nama customer
§  Tanggal pengembalian barang
-          Isikan barang yang diy yang dikembalikan dengan tanda (-)
-          Klik record.   
d.      Pelunasan/ pembayaran piutang dagang customer
Langkah-langkanya sebagai berikut :
-          Klik modul sale
-          Klik Receive Payments
-          Pilih Invoice
-          Deposite to Account : isikan Kas
-          Isi data
§  Nama customer
§  Tanggal pembayaran
§  Masukan jumlah yang dibayarkan pada Amount Applied
§  Klik amount received
§  Klik record

X.    MELIHAT JURNAL TRANSAKSI YANG SUDAH DICATAT
1.  Klik modul account
2.  Pilih record Journal Entry
3.  Untuk melihat semua transaksi pilih All
4.  Date From (isikan tanggal pertama memasukan transaksi dalam program MYOB) to tanggal terakhir
5.  tekan enter

XI. MENGEDIT TRANSAKSI YANG SUDAH DICATAT
Klik ganda pada tanda anak panah dimana transaksi yang akan diedit lalu benarkan mana yang salah kemudian klik ok.

XII.                                                                      MENGHAPUS TRANSAKSI YANG SUDAH DICATAT
Klik ganda pada tanda anak panah dimana transaksi yang akan di hapus lalu pilih menu Edit - Delete kemudian klik.

XIII.                                                                   MELIHAT LAPORAN KEUANGAN
Untuk melihat laporan keuangan dapat anda gunakan fasilitas MYOB Analyst langkahnya sebagai berikut :
1.      Untuk melihat NERACA
§  Klik panel report
§  Pilih Account – balance Sheet – Standar Balance Sheet
§  Pilih Customise – pilih koyak januari
§  Klik Display sehingga akan mucul neraca
§  Klik close jika sudah selesai

2.      Untuk melihat LAPORAN RUGI LABA
§  Klik panel report
§  Pilih Account – balance Sheet – Standar Balance Sheet
§  Pilih profit & loss – profi & los (accrual)
§  Klik Display sehingga akan mucul laporan rugi laba
§  Klik close jika sudah selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar